Istana Beri Penjelasan soal Isu Viral Jokowi Resmikan Patung Yesus

Salah satu headline hari ini, Jumat 28 Desember 2018 di detik.com dengan judul di atas membuat dahi gw berkernyit.  Apa pentingnya peristiwa Jokowi resmikan patung Yesus menjadi isu viral?  Lagipula setelah membaca detil berita tersebut bahwasannya Jokowi belum meresmikan patung tersebut karena bangunan belum selesai 100%.  Pun seandainya selesai 100% dan benar akan diresmikan Jokowi, masih perlukah diperdebatkan atau dijadikan isu viral peresmian tersebut?  Berikut beberapa pemikiran yang timbul di benak gw akan pemberitaan peresmian tersebut:

  1. Sering gw melihat prasasti bangunan, baik gereja ataupun bangunan biara, dimana prasasti peresmiannya ditandantangani oleh Walikota, Bupati, Gubernur, atau Presiden. So, apa bedanya bila Jokowi meresmikan Patung Yesus di Makale, Tana Toraja tersebut?
  2. Peresmian dilakukan oleh pejabat pemerintah, baik Pemda setempat ataupun sekaliber Presiden dimaksudkan untuk menghargai Pemda setempat atau Presiden selaku Pejabat Pemerintah, sekaligus menunjukkan bahwa bangunan tersebut resmi dan siap digunakan

Dengan dua pemikiran yang simple tersebut, lantas mengapa aktivitas peresmian tersebut dijadikan isu viral?  Masih banyak persitiwa lain yang perlu diberitakan dan dijadikan viral guna mendapat perhatian dan penanganan serius oleh Pemerintah dan masyarakat.  Lagipula dengan meresmikan (termasuk menandatangani prasasti peresmian) apakah Pejabat penandatangan otomatis menjadi keluar dari agama yang dianut dan beralih ke agama lain?   Come on……….. para penandatangan prasasti peresmian tersebut sedang menjalankan peran mereka sebagai perwakilan pemerintah, bukan sedang menjalan peran individu sebagai pemeluk agama.

Lantas apa makna yang berbeda dari kedua event dalam foto di bawah ini.  Mari lebih dewasa dan bijak dalam menyikapi peran individu dalam bernegara dan peran dalam beragama.  Mari gunakan energi kita untuk hal yang lebih konstruktif.  Selamat menyambut tahun baru 2019.

Salam dari Caleg PSI Dapil Lampung 1 Nomor Urut 2
#PSI
#CalegPSI
#PartaiSolidaritasIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *